Bermain Kembang Api yang Aman Buat Anak

Jakarta, Saat puasa, menjelang lebaran, tahun baru atau perayaan lainnya ramai permainan kembang api oleh anak-anak. Padahal kembang api berbahaya jika dimainkan oleh anak-anak. Cari tahu bagaimana memainkan kembang api yang aman.

Hal terpenting yang harus diingat adalah kembang selain indah percikannya juga bisa berbahaya. Sebab bisa mengakibatkan luka bakar dan cedera mata pada anak-anak maupun orang dewasa. Cara terbaik untuk bisa melindungi anggota keluarga dari bahaya tersebut adalah dengan tidak memainkan kembang api di sekitar tempat tinggal.

Tapi jika tetap main kembang api, Anda dan anak Anda bisa menikmati kembang api dengan aman. Ikuti beberapa tips berikut, seperti dikutip dari Kidshealth, Senin (14/9/2009):

1. Jangan biarkan anak-anak bermain kembang api sendiri. Hal yang sama juga berlaku untuk petasan dan mainan petasan roket, karena permainan tersebut terlalu berbahaya untuk anak-anak. Saat bermain jangan beri jarak yang terlalu dekat antara kembang api dengan anak-anak, karena percikan dari kembang api tersebut juga berbahaya dan panas.
2. Belilah kembang api legal. Biasanya kembang api yang legal dilengkapi dengan label perusahaan pembuatnya dan komposisinya, serta simpanlah ditempat yang sejuk dan kering.
3. Jangan pernah mencoba untuk membuat kembang api sendiri.
4. Sebaiknya bermain kembang api di tempat terbuka, jangan bermain di halaman rumah atau pinggir jalan.
5. Jauhi dari orang lain. Kembang api kadang bisa saja menembak ke arah yang salah, untuk itu sebaiknya tidak mengarahkan kembang api ke orang lain meskipun hanya untuk bercanda.
6. Jangan memegang kembang api langsung dengan tangan atau bagian tubuh yang lain. Sebaiknya memakai pelindung mata dan menghindari membawa kembang api di saku, karena gesekan yang terjadi bisa memicu kembang api menyala.
7. Saat memasang kembang api jauhkan dari segala sesuatu yang mudah terbakar, seperti daun atau bahan lainnya.
8. Jangan biarkan anak-anak mengambil serpihan-serpihan kembang api setelah dinyalakan. Beberapa serpihan tersebut mungkin saja masih menyala.
9. Setelah selesai digunakan, bersihkan semua serpihannya dan rendam dalam air sebelum dibuang ke tempat sampah.

Jka mengalami cedera mata jangan biarkan anak menyentuh atau menggosok mata, karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Dan juga jangan membilas mata dengan air atau berusaha memberikan salep di atasnya. Tapi segera mencari bantuan medis agar tidak membahayakan penglihatannya. Kembang api dinyalakan untuk merayakan sesuatu dan agar bisa dinikmati oleh siapa saja. Untuk itu bermainlah kembang api dengan aman, sehingga tidak menimbulkan bencana sesudahnya.

http://health.detik.com/read/2009/09/14/144042/1203180/764/bermain-kembang-api-yang-aman-buat-anak

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s