Golden Age… Don’t Miss It

Yup…jangan sia-siakan masa emas anak kita. Itu amat berharga teman. Saya mengetahui tentang Golden Age dari sebuah seminar. Di seminar itu pula yang memberitahu saya bahwa di masa Golden Age (1-4 tahun, ada yang bilang 1-3 tahun) anak-anak masih menggunakan pikiran bawah sadarnya. Karena pikiran kritis mereka belum berkembang. Dalam artian, bahwa semua informasi yang masuk ke kepala mereka akan langsung terserap, tanpa filter dan tanpa dianalisa terlebih dahulu. Itulah mengapa ada yang bilang anak usia 1-4 tahun otaknya bagai spon. Jadi daripada “garbage in more garbage out” medingan “gold in diamond out”.

Di usia ini anak mudah “didoktrin” atau bahasa halusnya dihipnosis. (Meskipun saya bukan pakarnya). Katakan saja berulang-ulang dan terus menerus secara konsisten, maka akan langsung masuk ke bawah sadarnya dan akan dibawa sampai dewasa.

Jika anda ingin anak anda lebih senang membaca buku katakan saja selalu “baca buku itu enak ya”, “wuiii senangnya membaca buku”, “wah bagus ya bukunya” atau ketika “menghukum anak” katakan saja “karena tadi kamu menyakiti temanmu, maka hari ini kamu tidak bunda bacakan buku.” Dan anda harus benar-benar melaksanakan hukumannya kalau tidak ingin dianggap tidak konsisten.(Alhamdulillah dhila suka sekali baca buku)

Jika anda ingin anak anda mau makan sayur, katakan saja berulang-ulang “wah sayur membuat badan kamu sehat dan kuat, kalau sehat dan kuat kamu bisa main lompat-lompatan, main ayunan, berlari-lari dll”, “wah bayam ini rasanya enak ya, sehat lagi.” (Walhasil dhila mau makan sayur tanpa harus extra maksa) dan lain sebagainya.

Jika anda ingin anak anda jadi penakut, ya…takut-takutilah ia selalu. misalnya dengan kecoa, atau hantu. (Jangan sampai ya bu, pak..;) dan lain sebagainya.

Ingat !!! “Garbage in more garbage out !!”

Oya semua kata-kata di atas harus didukung dengan perbuatan kita juga. Beri contoh yang sesuai. Kalo ingin anak suka baca buku, ya kita juga harus mulai suka baca buku.

Jadi, demi perkembangan anak kita, dan demi masa depan anak-anak Indonesia, please…para bunda dan ayah di masa Golden Age gunakan sebaik-baiknya.

Disadur dari:

Ensiklopedia Balita
Ditulis oleh bun_anik

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s